3 PERTANYAAN SELF COACHING UNTUK HIDUP SUKSES

Setiap harinya, ada saja masalah yang mungkin terjadi disekitar kita. belum selesai pandemi ini kita hadapi, bermunculan lagi masalah-masalah lainnya yang menyertai kehidupan kita. Belum lagi di lingkungan pekerjaan kita saat ini yang makin penuh dengan tantangan dan permasalahan seperti bekerja dari rumah dengan beragam kerumitannya, bekerja di kantor dengan risiko virus yang sedang merajarela dan banyak lagi lainnya.

Berbagai tantangan ini akhirnya menyebabkan perubahan cara kerja yang mau tidak mau memang mempengaruhi pola aktivitas kita sehari-harinya.Maka, sudah waktunya kita pun menyesuaikan diri yang dimulai dengan berhenti mengkritisi dan mulai konsisten melakukan self refleksi. kita arahkan energi kita dari yang awalnya berfokus pada permasalahan yang ingin kita kritisi dan kita alirkan fokus kita pada hal apa yang perlu kita lakukan untuk menyikapi beragam permasalahan kita.

Dan disini proses SELF COACHING yang juga sering saya lakukan tiap harinya menjadi penting. SELF COACHING membantu saya untuk berfokus pada apa yang kita lakukan ketimbang berfokus pada apa yang seharusnya orang lain lakukan

Berfokus pada apa yang seharusnya orang lain lakukan akan berpotensi membuat kita emosi dan tidak tenang ketika menjalani hari. hal ini karena pada dasarnya kita tidak bisa mengubah orang lain disekitar kita 100%. belum lagi keinginan mengubah orang lain seringkali berdampak negatif pada hubunan kita dengan orang lain tersebut. Ya siapa sih yang suka berteman dengan teman yang pekerjaannya mengkritik pekerjaan teman lainnya dan tidak memberikan solusi.

Maka, yuk mulai sekarang kita berfokus pada apa yang kita lakukan.

tipsnya adalah yuk kita melakukan self coaching diri kita sendiri dengan menjawab beberapa pertanyaan dibawah :

1. Apa yang ingin kita capai di tengah krisis seperti saat ini dan kenapa itu penting?

2. Apa hambatan yang kita rasakan ketika mencapainya?

3. Apa hal berbeda yang dapat kita lakukan untuk mengatasi hambatan tersebut?

Leave a Comment