4 TIPS AGAR TIDAK LELAH DAN GELISAH DIKALA BEKERJA SAAT PANDEMI

Pandemi memang memunculkan ketidakpastian di berbagai bidang pekerjaan kita. Yang awalnya semua bisa diprediksi, namun saat ini semuanya justru serba tak pasti. Sama halnya dengan mobil yang bergerak di sebuah jalan menuju tujuannya. Di awal memang kita sudah menentukan tujuan, namun bisa jadi didalam perjalanannya kita akan melewati tempat yang berbeda, mendapatkan pengalaman yang berbeda serta mendapatkan informasi dan ilmu baru dalam perjalanannya.

Sehebat-hebatnya driver yang mengemudikan kendaraan yang kita tumpangi, tetap saja di perjalanan ada kemungkinan akan menghadapi kondisi dan situasi yang berbeda yang seringkali tidak bisa diprediksi olehnya.

Sama halnya juga dengan sehebat-hebatnya kita sebagai manusia merencanakan menuju tujuan, selalu ada kemungkinan kita tidak capai tujuan seperti yang kita harapkan. Dalam kaitannya dengan peran saya sebagai seorang trainer dan fasilitator pembelajaran misalnya, dalam kondisi pandemi seperti saat ini dimana pembatasan kerumunan ada dimana-mana. tidak pernah saya membayangkan akan mendapatkan pengalaman memfasilitasi kelas offline dengan kondisi pandemi. Bagaimana proses diskusi yang biasanya berjalan dengan Interaksi penuh namun sekarang harus dibatasi oleh jarak. capek, berat dan lelah? bisa jadi rasa itulah yang saya rasakan ketika melihat fenomena kehidupan ini.

Tapi kalau direnungkan kembali, tampaknya memang seperti inilah kehidupan berjalan. Tidak ada yang tau ke depan akan seperti apa. Yang bisa kita lakukan adalah fokus melakukan yang terbaik sembari mensyukuri setiap proses didalamnya sebagai proses pendalaman pengalaman untuk diri kita di masa depan nanti.

Lantas bagaimana agar kita tidak mudah lelah dan kecewa ketika bekerja saat pandemi ini? Yuk disimak 4 tips dibawah ini :

  1. Buat list 10 hal negatif dan 10 hal positif ketika kita bekerja saat pandemi ini
  2. Fokus pada 10 hal positif saat pandemi ini dan lantas pilih 3 hal positif yang paling cocok dengan diri anda
  3. Amati lagi 3 hal positif tersebut dan lantas buat 3 ucapan syukur atas hal-hal positif tadi
  4. Lakukan hal serupa setiap harinya untuk kita latihan berpikir positif dan menerima dengan ikhlas setiap kejadian dalam kehidupan kita

Leave a Comment