Halo, saya Ivandhana!
Ketika orang bertanya apa pekerjaan saya, maka saya akan langsung menjawab “saya adalah coach dan trainer”.

.

Ivandhana, SE, LCPC

Coach adalah sebutan untuk orang yang didalam menjalankan profesinya dalam membantu klien menggunakan pendekatan coaching. Coaching sendiri menurut International Coaching Federation adalah sebuah bentuk kerjasama dengan klien (Coachee) dalam menstimulasi pikiran dan proses yang kreatif dalam diri klien , sehingga dapat menginspirasinya untuk memaksimalkan potensi, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam karier profesionalnya.

Itu sebabnya dalam menjalankan profesi saya sebagai coach, biasanya saya akan mendampingi coachee untuk mengeksplorasi segala macam potensi dalam dirinya untuk mencapai tujuannya yang kebanyakan saya membantu klien atau coachee saya untuk bisa lebih produktif didalam bekerja dan mencapai tujuan lainnya. Itu sebabnya saya sering dipanggil sebagai seorang personal productivity coach.

Dalam menjalankan peran saya sebagai coach, biasanya saya akan mendampingi dan mengajak klien untuk :

Memetakan Potensi Dirinya

Memahami apa yang menjadi penghambat dalam dirinya

Menentukan langkah-langkah yang perlu diambil agar lebih produktif

Mempersiapkan Sumber Daya yang dibutuhkan untuk menjalankan langkah diatas

Melakukan evaluasi terhadap langkah tersebut sehingga individu itu bisa terus bertumbuh selama masa coaching

Lantas bagaimana dengan profesi trainer?

Trainer sendiri adalah orang yang membawakan sesi training yang berfokus pada peningkatan knowledge, skill dan attitude (KSA) pesertanya. Jadi proses training itu membantu individu yang awalnya tidak tau menjadi tau, tidak mampu menjadi mampu dan tidak mau menjadi mau.

Hmm… begini saya adalah trainer di topik kepemimpinan, komunikasi, hingga produktivitas, yang artinya saya membantu orang :

Yang bisanya kesulitan mempengaruhi timnya untuk mencapai tujuan organisasi
Yang biasanya kesulitan mengembangkan timnya
Yang biasanya kesulitan menyampaikan pesan dengan sistematis ke audiens nya
Yang biasanya kesulitan menyelesaikan sebuah masalah di organisasi
Yang biasanya kesulitan mengukur produktivitas timnya
Yang biasanya kesulitan memastikan timnya bisa bekerja dengan produktif

Nah.. saya membantu mereka untuk bisa lebih percaya diri dan memiliki kemampuan kepemimpinan, komunikasi yang lebih baik dalam setiap perannya di perusahaan.
Jadi itulah kurang lebih pekerjaan saya (panjang juga ya penjelasannya). Selain sebagai coach dan trainer, Beberapa sertifikasi keahlian yang saya miliki antara lain :

  1. Licensed NLP Practitioner From the society of NLP USA
  2. LOOP Certified Professional Coach (ICF ACSTH 88)
  3. Certified Human Resources Professional from Atmajaya University
  4. Certified Trainer Approved by Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP RI)
  5. Fasilitator Pendidikan dan pelatihan bagi pelatih dan pendamping UMKM (BNSP RI)
  6. Asesor Kompetensi BNSP

Saat ini aktivitas saya ada mengelola sebuah perusahaan jasa Pendidikan dan pelatihan serta pendampingan perusahaan yang bernama PT Transformasi Insan Mulia sebagai Chief Operation. Saya juga tercatat sebagai Associate Fasilitator dari Corporate Innovation Asia yang merupakan perusahaan konsultan inovasi perusahaan yang berpusat di Jakarta. Aktivitas saya lainnya adalah sebagai council di Tempa Trainer Guild yang merupakan komunitas trainer dengan sekitar 300 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia dan juga member di Asosiasi Profesional Coach Loop Indonesia (APCLI) Demikian sedikit tentang saya, bila ada yang ingin rekan-rekan diskusikan dan tanyakan, silahkan ditanyakan di kolom komentar di setiap postingan saya.
Saya dengan senang hati akan menjawabnya.