ANDA GALAU DALAM BEKERJA? COACHING KARIR BISA JADI SOLUSINYA

Saya kok merasa ada yang kosong dalam diri saya saat bekerja ya?


kok kayaknya saya sudah bekerja maksimal tapi karir saya nggak kesampaian terus ya?


Kok saya merasa ada yang kurang dalam diri saya ketika bekerja ya?


kalau rekan-rekan merasa satu diantara beberapa hal diatas? bisa jadi kalian membutuhkan yang namanya karir coaching.

Career Coaching atau karir coaching menurut coaching indonesia adalah coaching 1-on-1 yang dilakukan dalam beberapa sesi berturut-turut dengan tujuan membantu klien menemukan, merencanakan, dan mengembangkan karir yang sesuai dengan passion dan panggilan pribadinya.

Biasanya didalam proses coaching untuk karir ini seorang coach akan melakukan eksplorasi terhadap coachee atau orang yang di coaching terhadap apa potensi dalam dirinya yang masih dapat dimaksimalkan dan kemudian sekaligus menganalisa apa saja peluang yang dapat dimaksimalkan oleh orang tersebut untuk meningkatkan performa kerja dan karirnya di masa depan.

Selain itu didalam proses coaching untuk karir ini juga, coachee akan diminta untuk melakukan identifikasi terhadap tantangan dan hambatan yang dirasakan dalam dirinya. dari sini kemudian coach akan melakukan eksplorasi kembali tentang apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut.

Maka, kalau kemudian dirangkum kembali, apa saja proses yang biasa terjadi dalam coaching untuk karir untuk membantu kita menemukan karir yang kita harapkan, biasanya akan berfokus pada 3 hal, yaitu :

  1. Proses memahami diri sendiri dan apa potensi yang kita miliki
  2. Proses menganalisa apa hambatan yang dirasakan didalam diri
  3. Proses menganalisa peluang yang dapat dimaksimalkan sekaligus memastikan langkah-langkah yang perlu dilakukan di masa depan

Leave a Comment