PEMIMPIN MENGHASILKAN

Apa sih kriteria pemimpin produktif itu?

Yaitu seorang pemimpin yang menghasilkan

Maksudnya? Menghasilkan dalam hal apa ini? Apakah menghasilkan uang? Padahal kan tidak semua pemimpin mengelola tim yang berhubungan langsung dengan bisnis?

Hasil kerja kita memang bisa jadi berupa uang atau profit, namun uang tidak selalu merupakan hasil kerja kita.

Beberapa contoh hasil kerja selain uang adalah :

1. Sistem yang lebih efisien
2. Proses kerja baru
3. Inovasi baru
4. Lebih banyak list pekerjaan yang mampu kita tuntaskan
5. Peningkatan performa dari sebelumnya
6. Kita bekerja lebih baik kualitasnya dari sebelumnya

Dan masih banyak lagi hal lainnya yang bisa kita jadikan tolak ukur apakah kita sudah benar-benar menghasilkan sesuai yang kita harapkan.

Lantas bagaimana seorang pemimpin bisa disebut menghasilkan? Yaitu ketika orang lain bisa merasakan dampak positif dari apa yang ia kerjakan. Untuk itu seorang pemimpin produktif harus selalu siap untuk meminta feedback atau masukan dan saran dari pihak-pihak yang merasakan langsung hasil pekerjaannya

Atau seorang pemimpin juga bisa melakukan refleksi sendiri terkait hasil kerjanya. Ini bisa dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan refleksi dibawah ini pada diri anda sendiri saat ini :

1. Dari skala 1-10 dimana 1 masih sangat minim dan 10 sangat besar, seberapa besar dampak pekerjaan saya saat ini terhadap organisasi
2. Bila pekerjaan saya saat ini hasilnya masih minim atau gagal saya capai, apakah dampaknya terhadap organisasi cukup besar?
3. Mana dari pekerjaan saya yang masih perlu saya perbaiki sehingga hasilnya bisa terus meningkat dengan waktu yang saya miliki saat ini?

Dari beberapa pertanyaan diatas anda bisa melakukan evaluasi terkait prioritas kerja Anda. Mana saja hasil pekerjaan yang sudah berdampak besar dan mana yang masih minim. Pertahankan hasil pekerjaan yang sudah berdampak besar dan lakukan perbaikan terhadap pekerjaan yang hasilnya minim. #productiveleader#productive#coachivan#productivitycoach

Leave a Comment