PENGEMBANGAN YANG BERDAMPAK

A : Saya sudah menjalankan program coaching buat tim saya, tapi kok nggak berdampak ya?

B : kebutuhan tim nya apakah? Memang dibutuhkan program coaching?

Menjadi seorang leader yang efektif mengharuskan diri kita untuk memahami apa kebutuhan anggota tim lebih mendalam. Bisa jadi, kala itu yang dibutuhkan oleh tim kita bukan coaching melainkan mentoring, training atau bahkan consulting. Pemahaman mengenai apa program pengembangan yang dibutuhkan ini penting agar kita bisa menyusun program yang lebih efektif dan berdampak bagi tim kita nantinya. Setiap anggota tim kita pada dasarnya memiliki kebutuhannya masing-masing. ada yang memang butuh di training, ada yang justru butuh di mentoring secara langsung dan personal dan bahkan ada yang butuh sekedar konsultasi terkait problem yang sedang dihadapi.

Sayangnya seringkali kita sebagai pemimpin menganggap bahwa kebutuhan tim kita semuanya sama dan bisa diobati dengan satu metode yang sama. padahal kenyataannya setiap metode bisa digunakan dan sama baiknya namun kita perlu memastikan kapan dan bagaimana kondisi yang sesuai. Kita ambil contoh Ketika kita merasa sakit dan tidak enak badan, apakah kita langsung minum obat penurun panas? Tentunya kita perlu melihat dan memahami terlebih dahulu apa penyakit yang kita rasakan, apa gejala nya dan apa yang menimbulkan ketidaknyamanan diri kita dan barulah setelahnya kita bisa memikirkan perawatan yang diperlukan untuk memastikan kita pulih Kembali.

Tim kita pun sama, Ketika ada masalah di pekerjaannya kita tidak bisa serta merta memberikan training atau coaching kepada tim kita tadi. Kita perlu menganalisa terlebih dahulu apa kendala yang dia hadapi, apa situasi yang dia jalani, apa yang dia rasakan Ketika bekerja. Dan barulah kita bisa mempersiapkan program yang sesuai. Untuk mempersiapkan program pengembangan yang sesuai ini pun kita perlu memahami apa saja hal-hal yang bisa kita berikan.

Berikut dibawah ini adalah perbedaan antara metode pengembangan diri training, mentoring, coaching dan consulting yang biasa dijalankan di perusahaan :

Training : Sebuah metode untuk meningkatkan knowledge, skill dan attitude individu. Dari yang awalnya tidak tau menjadi tau, dari yang awalnya tidak bisa menjadi bisa dan dari yang awalnya tidak mau menjadi mau hingga akhirnya ia terampil menguasai skill tertentu. Biasanya proses training dilakukan didalam satu kelas yang terstruktur dan peserta diberikan kesempatan untuk mempraktikkan langsung skill yang perlu ia kuasai didalam pekerjaannya

Mentoring : Mentoring adalah proses pembelajaran yang dilakukan dari orang yang jauh lebih berpengalaman (mentor) ke orang yang kurang berpengalaman (mentee) dalam bidang tertentu. Mentoring adalah sebuah proses berbagi pengalamannya, pembelajarannya dan nasihat dari mentor berdasarkan ekspertise dari mentor tersebut dengan harapan dapat menjadi pembelajaran bagi mentee nya

Coaching : Coaching adalah membebaskan potensi seseorang untuk memaksimalkan performanya, membantu dan mendampingi coachee atau orang yang di coaching untuk belajar alih-alih mengajari mereka.

Consulting : Consulting adalah ketika Anda meminta bantuan seorang ahli (konsultan) untuk memecahkan masalah yang Anda hadapi. Di sini kata kuncinya adalah pemecahan masalah (problem solving).

Maka ketika kita salah memutuskan program yang sesuai bagi tim, bisa jadi programnya pun jadi tidak berdampak dan kita pun tidak efektif sebagai coach, trainer, mentor dan konsultan di perusahaan kita masing-masing. Ingin menjadi pemimpin yang berdampak? Yuk mulai belajar MEMAHAMI

Leave a Comment