SULIT FOKUS KETIKA BEKERJA? DISINILAH JAWABANNYA

Salah satu alasan kenapa memiliki tujuan yang jelas didalam bekerja itu menjadi penting adalah karena tujuan ini akan mendekatkan kita pada produktivitas pekerjaan kita. TUJUAN akan membuat kita lebih cepat mengerjakan sesuatu. TUJUAN akan membuat kita lebih fokus menyelesaikan apa yang ada di depan kita. TUJUAN juga akan membuat kita tidak mudah tergoda ketika di perjalanan ada sesuatu yang membelokkan diri kita dari sesuatu yang ingin kita capai.

Sama seperti ketika kita ingin menuju ke sebuah tempat. Akan lebih cepat ketika kita sudah tau apa tempatnya. Dari pengetahuan kita terhadap tempatnya, kita akan dengan mudah memperkirakan bagaimana kita bisa menuju tempat tersebut dan apa yang perlu kita persiapkan. dengan ini kita jadi bisa lebih fokus mengemudi untuk mencapai tujuan tersebut.

Bekerja pun sama yaitu fokus itu menjadi penting. terutama fokus untuk mencermati target kerja kita. ketika kita sudah benar-benar tau apa tujuan yang harus kita capai, maka kita akan jadi lebih mudah mempersiapkan diri untuk mencapai apa yang jadi tujuan atau target kerja tersebut. dan disinilah biasanya peran KPI, ia menjadi indikator kerja kita yang akan menuntun kita dalam meningkatkan performa. Semakin kita tidak jelas dan tidak paham tentang apa yang menjadi KPI kerja kita bisa jadi kita pun makin kesulitan untuk mencapainya.

Lantas bagaimana bila saat ini ketika bekerja kita tidak tau apa tujuan kita dan kemudian kita juga tidak tau apa KPI kerja kita? bisa jadi kita akan kesulitan bekerja sesuai standar yang diharapkan oleh perusahaan karena kita tidak tau apa yang harus kita capai dan apa yang harus kita lakukan untuk mencapai target kerja tersebut

Maka, tips agar diri kita bisa memaksimalkan kapasitas kita sehingga bisa mencapai target adalah :

  1. Pahami target kerja di perusahaan kita
  2. Petakan kekuatan dan kelemahan yang kita miliki saat ini untuk mencapai target kerja tersebut
  3. Mulai membayangkan apa yang ingin kita capai di unit kerja kita 3-5 tahun ke depan
  4. Buat rincian langkah apa saja yang perlu kita lakukan untuk mencapai target perusahaan saat ini dan target karir kita 3-5 tahun ke depan
  5. Konsisten dan fokus melakukan langkah di poin 4 serta senantiasa melakukan perbaikan berkala di pekerjaan

Leave a Comment