TUGAS LEADER : MEMBANGUN KOLABORASI

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa

Jika kita Ingin lari cepat, lakukan sendirian.
Namun jika kita Ingin lari jauh, lakukan bersama dengan orang lain.

Pepatah ini bisa jadi ada benarnya karena Sejarah mencatat bahwa kesuksesan perusahaan besar di dunia seperti Microsoft, Apple hingga Google dibangun dari kolaborasi antar pendirinya. Apple dibangun dari kolaborasi Steve Jobs dengan Steve Wozniak dan Ronald Wayne. Google dibangun dari kolaborasi antara Larry Page dan Sergey Brin.

Berkolaborasi membuat kita saling meringankan beban, berbagi sudut pandang dan saling menyempurnakan pekerjaan.

Kita sebagai makhluk sosial juga selalu membutuhkan orang lain. Kita akan merasa kekosongan dalam diri kita bila hanya menjalankan segala sesuatunya sendirian.

Kolaborasi sendiri tidaklah mudah untuk dilakukan. Banyak hal-hal yang perlu disatukan antara diri kita dengan partner kolaborasi kita sehingga motivasi dan tujuan akan tetap selaras untuk mencapai tujuan bersama.

Lantas bagaimana caranya membangun kolaborasi dengan orang lain disekitar kita? Bagaimana cara menemukan partner kolaborasi kerja yang tepat?

Tipsnya ada 3, yaitu :

1. Memiliki kejelasan Visi. Apa yang mau dicapai dengan kolaborasi kita ini. Visi inilah yang nantinya akan dikejar bersama dengan partner kolaborasi kita.

2. Memetakan tujuan atau visi tadi kira-kira apa sumber daya atau support yang kita butuhkan dari partner kolaborasi kita sehingga kita bisa membayangkan kita butuh karakter dan kondisi partner yang seperti apa

3. Mencari partner yang bisa melengkapi karakter kita, melengkapi sumber daya kita dan memiliki kesamaan visi dan value dengan diri kita.

Leave a Comment